PROGRAM KERJA WAKASEK HUMAS
PROGRAM KERJA WAKASEK HUMAS
A.
Jenis Kegiatan
1.
Kegiatan Eksternal
Kegiatan ini selalu berhubungan atau
ditujukan kepada instansi atasan dan masyarakat di luar sekolah. Ada dua
kemungkinan yang bisa dilakukan dalam hal ini yakni:
a.
Indirect act adalah
kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui perantara media tertentu
seperti misalnya: penyebaran informasi lewat radio, Internet/Website Sekolah.
penyebaran informasi melalui media cetak, pameran sekolah dan berusaha
independen dalam penerbitan majalah atau buletin sekolah.
b.
Direct act adalah
kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui tatap muka, misalnya: rapat
bersama dengan komite sekolah, konsultasi dengan tokoh masyarakat, melayani
kunjungan tamu dan sebagainya.
2.
Kegiatan Internal
Kegiatan ini merupakan publisitas ke dalam,
sasarannya adalah warga MA Al Faizin yang bersangkutan yaitu para Guru, Staf karyawan,
dan peserta didik. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan dua kemungkinan
yakni sebagai berikut.
a)
Indirect act adalah
kegiatan internal melalui penyampaian informasi melalui surat edaran;
penggunaan papan pengumuman di sekolah, penyelenggaraan majalah dinding,
pemasangan iklan/pemberitahuan khusus melalui mass media, dan kegiatan pentas
seni.
b)
Direct act adalah
kegiatan internal yang dapat berupa: rapat dewan guru; upacara sekolah;
karyawisata/rekreasi bersama; dan penjelasan pada berbagai kesempatan.
B.
Bentuk Operasional Humas
1.
Bidang Sarana Akademik
Tinggi
rendahnya prestasi lulusan (kualitas maupun kuantitas), penelitian, karya
ilmiah (lokal, nasional, internasiona), jumlah dan tingkat kesarjanaan
pendidiknya, sarana dan prasarana akademik termasuk laboratorium dan
perpustakaan atau Pusat Sumber Belajar, Sumber Belajar yang mutakhir serta
teknologi instruksional yang mendukung Proses Belajar Mengajar, termasuk ukuran
prestasi dan prestise-nya.
2.
Bidang Sarana Pendidikan
Gedung
atau bangunan sekolah termasuk ruang belajar, ruang praktikum, kantor dan
sebagainya beserta perabot atau mebeuler yang memadai akan memiliki daya tarik
tersendiri bagi popularitas sekolah.
3.
Bidang Sosial
Partisipasi
MA Al Faizin dengan masyarakat sekitarnya, seperti kerja bakti,
perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, sanitasi dan sebagainya
akan menambah kesan masyarakat sekitar akan kepedulian sekolah terhadap
lingkungan sekitar sebagai anggota masyarakat yang senantiasa sadar lingkungan
demi baktinya terhadap pembangunan masyarakat.
4.
Kegiatan Kerya Wisata
Sebagai
sarana hubungan sekolah dengan masyarakat, seperti membawa spanduk serta
atribut sekolah sampai keluar daerah menyababkan nama MA Al Faizin dapat
dikenal lebih luas sampai luar kota. Bahkan tertib sopan santun para siswanya
di perjalanan akan mendapat kesan tersendiri dari masyarakat yang disinggahi
dan dilaluinya.
5.
Kegiatan Olah Raga dan
Kesenian
Juga
dapat merupakan sarana hubungan sekolah dengan masyarakat, misalnya dalam
porseni dan lomba antar sekolah akan membawa keunggulan sekolah dan membawa
nama harum MA Al Faizin.
6.
Menyediakan fasilitas
sekolah untuk kepentingan masyarakat sekitar sepanjang tidak mengganggu
kelancaran Proses Belajar Mengajar, demikian sebaliknya fasilitas yang ada di
masyarakat sekitarnya dapat digunakan untuk kepentingan MA Al Faizin.
7. Mengikutsertakan
tokoh-tokoh masyarakat dalam kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler sekolah,
baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, masih banyak lagi
kegiatan operasional hubungan sekolah dengan masyarakat yang dikreasikan sesuai
situasi, kondisi serta kemampuan pihak-pihak terkait.
C.
Program Khusus Wakasek Humas
1.
Melakukan relasi sosial dengan komite sekolah
dan masyarakat desa diwilayah kecamatan Bangsri sekitarnya dalam bentuk
kerjasama dua arah berkaitan dengan pendidikan
2.
Terjalinnya hubungan baik dengan komite
sekolah dan masyarakat Kecamatan Bangsri dan sekitarnya, terutama yang
terdapat siswa-siswi MA Al Faizin
3.
Melakukan relasi sosial dengan pemerintah desa
sampai kabupaten dan instansi terkait terutama untuk penggalian dana dan proyek
kegiatan sekolah
4.
Terjalinnya hubungan baik dengan Pemerintah
Kecamatan Bangsri, dan Pemda Kabupaten Jepara
5.
Melakukan relasi sosial dengan pihak sekolah
terutama SMP dan MTs terutama dalam upaya penerimaan siswa baru
6.
Terjalinnya hubungan baik dengan SMP/MTs,
SMA/SMK sederajat teruatama di wilayah Bangsri, dan Pemda Kabupaten Jepara pada
umumnya
7.
Melakukan relasi sosial dengan perguruan
tinggi negeri dan swasta, terutama dalam upaya peningkatan jumlah siswa yang
lanjut studi
8.
relasi sosial dengan pihak media massa
terutama untuk membangun citra positif dan pemberian informasi yang aktif dan
proporsional
9.
Melakukan relasi sosial dengan pihak dunia
usaha dalam upaya pemasaran produk lulusan, pemagangan, dan studi siswa sesuai
dengan kompetensi yang dimiliki
10.
Melakukan upaya pemasaran produk sekolah dalam
bentuk mencarikan lowongan kerja di berbagai instansi yang sesuai
11.
Pemasangan berbagai informasi dan dokumentasi
kegiatan sekolah melalui papan pengumuman, radio, televisi dan internet
12.
Bekerjasama menjalin hubungan baik dengan
guru, karyawan beserta keluarga dan komite sekolah
13.
Bekerja sama dengan IPNU IPPNU, membuat
majalah dinding yang lebih menarik secara berkala
14.
Praktek siswa di masyarakat dalam bentuk Bakti
sosial dan pertandingan olahraga persahabatan
15.
Bekerja sama dengan waka kurikulum dan
kesiswaan memagangkan siswa sesuai dengan jurusan
16.
Mengikuti perlombaan lomba karya tulis ilmiah
siswa
17.
Mengadakan pemilihan siswa berprestasi.
18.
Membuat Website/Blog sekolah
D.
Faktor Pendukung
Kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat
di MA Al Faizin bisa berjalan baik apabila di dukung oleh beberapa faktor
yakni:
1.
Adanya program dan
perencanaan yang sistematis.
2.
Tersedia basis
dokumentasi yang lengkap.
3.
Tersedia tenaga ahli,
terampil dan alat sarana serta dana yang memadai.
4.
Kondisi organisasi
sekolah yang memungkinkan untuk meningkatkan kegiatan hubungan sekolah dengan
masyarakat.
E.
Rencana Kerja
|
No
|
Program dan Jenis Kegiatan
|
Hasil yang diharapkan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Pelaksana
|
Sumber Dana
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
1.
PERSIAPAN
|
|||||
|
1
|
Konsultasi
penyusunan program
|
Memperoleh masukan yang berguna dalam menyusun program
|
Juli 2016
|
Urusan Humas
|
APBS
|
|
2
|
Inventarisasi
permasalahan
|
Diketahuinya jenis permasalahan yang perlu diperhatikan dalam penyusunan
program
|
Juli 2016
|
Urusan Humas
|
APBS
|
|
3
|
Penyusunan program kerja urusan humas
|
Terlaksananya kegiatan Humas secara tertib dan lancar sesuai rencana
|
Juli 2016
|
Urusan Humas
|
APBS
|
|
4
|
Penyusunan anggaran pembiayaan keseluruhan kegiatan urusan
|
Pembiayaan setiap program kegiatan didasarkan atas anggaran
|
Juli 2016
|
Urusan Humas
|
APBS
|
0 komentar: